Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tahap-Tahap Perkembangan Administrasi Sebagai Ilmu

Tahap-Tahap Perkembangan Administrasi

Ilmu administrasi pertama kali muncul pada tahun 1886 dimulai dengan munculnya gerakan manajemen ilmiah yang dipelopori oleh FW. Taylor. Dengan lahirnya ilmu administrasi maka berakhir pula status administrasi sebagai seni, yang artinya ilmu administrasi disamping sebagai seni juga sebagai ilmu.

Sejak lahirnya ilmu administrasi dari dulu sampai sekarang, administrasi sebagai ilmu telah menjalani empat tahap perkembangan, yaitu:

1. Survival Periode (1886-1930)

Tahun 1886 merupakan tahun lahirnya ilmu administrasi. Pada tahun itu, muncul gerakan-gerakan administrasi ilmiah yang dilakukan oleh FW. Taylor di Amerika Serikat dan Henry Fayol di Prancis. Pada masa itu, mulai diperjuangkan ilmu administrasi sebagai ilmu yang mandiri dan memiliki tertib ilmu.
Dalam masa ini para sarjana mulai memperjuangkan supaya pengetahuan administrasi sebagai ilmu yang mandiri atau sebagai salah satu tertib-ilmu (disiplin). Demikian juga dalam masa inilah para ahli dan  sarjana mengkhususkan dirinya dalam bidang administrasi dan manajemen.

2. Consolidation and Completion Periode (1930-1945)

Pada periode ini, rumus-rumus dan kaidah-kaidah (norma) ilmu administrasi lebih disempurnakan. Dan dalam masa ini juga mutu (quality) dan jumlah (quantity) para sarjana administrasi turut dikembangkan serta gelar-gelar kesarjanaan dalam ilmu administrasi Negara dan niaga banyak diberikan oleh lembaga-lembaga pendidikan tinggi.

3. Human Relation Periode (1945-1959)

Pada masa ini para sarjana administrasi mulai memperhatikan segi manusiawi dan menyelidiki segala hubungan dari semua orang dalam kegiatan kerjasama, baik hubungan yang bersifat resmi (dinas, formal) maupun yang tidak resmi (informal). Pada masa ini pula ditulis pula hampir semua buku mengenai hubungan antar manusia dalam kegaiatan  kerjasama mereka.

4. Behavioral Periode (1959-sekarang)

Pada tahapan ini para sarjana administrasi mulai mengadakan perhatian serta peningkatan terhadap penyelidikan mengenai tindakan-tindakan dan perilaku orang-orang dalam kehidupan berorganisasi.

Dari penjelasan diatas dapat ditarik kesimpulan tentang administrasi. Adapun pengertian dari Administrasi menurut “Ilmu” adalah suatu ilmu yang mempelajari aktivitas manusia yang bersifat kooperatif dan bagaimana cara-cara merealisasikannya yang terkumpul secaras sistematis. Sedangkan pengertian Administrasi sebagai “Seni” adalah merupakan proses kegiatan yang perlu dikembangkan secara kontinu, agar administrasi sebagai suatu cara  untuk mencapai tujuan yang benar-benar dapat memberi peranan yang diharapkan.

Post a Comment for "Tahap-Tahap Perkembangan Administrasi Sebagai Ilmu"

View My Stats