Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Dasar Ilmu Administrasi

Pengertian Dasar Ilmu Administrasi

Pendahuluan 
Administrasi adalah ilmu yang mempelajari semua proses atau kegiatan yang dilakukan oleh manusia dalam bentuk kerja sama. Kerja sama merupakan suatu kegiatan yang bersifat universal dan sering dilakukan oleh manusia. Kerja sama bisa dilakukan dalam semua bidang kehidupan manusia seperti bidang keagamaan, pemerintahan, politik, ekonomi, social, budaya dan sebagainya. 
Dalam ilmu administrasi, kerja sama yang dimaksud adalah kerja sama yang dilakukan oleh institusi atau organisasi baik itu pemerintahan maupun swasta yang bersifat publik. Dalam implementasinya, administrasi publik menggunakan konsep dan teori yang juga berlaku pada disiplin ilmu lainnya. Sehingga administrasi publik menjadi ilmu yang multidisipliner dalam menerapkan teori dan konsep administrasi publik. 
Dengan digunakannnya teori dan konsep ilmu lainnya dalam administrasi publik, memberikan harapan untuk wawasan yang lebih luas dan berguna bagi tercapainya tujuan publik secara baik dan efektif.
Di Indonesia pada saat sekarang, penggunaan istilah administrasi publik sudah umum dilakukan karena istilah publik merupakan representasi masyarakat umum yang tidak hanya terbatas pada pemerintah atau organisasi pemerintah.

Pengertian Administrasi
Administrasi sebagai sebuah ilmu memiliki berbagai macam pengertian yang bisa dilihat dari beberapa sisi seperti fokus, konteks, kepentingan, dan latar belakang keilmuan administrasi.
Di Indonesia, pengertian administrasi memiliki empat puluh lima definisi (The Liang Gie: 1978) yang kemudian dikelompokkan ke dalam tiga macam kategori, yaitu:
1. Administrasi berdasarkan proses atau kegiatan
Berdasarkan prosesnya, administrasi dapat didefinisikan sebagai berikut:
a. Proses kerja sama antara dua atau lebih manusia yang didasarkan atas rasionalitas tertentu untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan (Sondang P. Siagian).
b. Proses penyelenggaraan dan pengurusan kegiatan dalam setiap kerja sama sekelompok manusia untuk mencapai tujuan (Soetarto dan R. P. Soewarno).
2. Administrasi berdasarkan pengertian tata usaha
Berdasarkan pengertian tata usaha administrasi dapat didefinisikan sebagai berikut: 
a. Dalam arti sempit, administrasi berarti tata usaha yang mencakup pengaturan yang rapi dan sistematis terhadap berkas dokumen organisasi (Munawardi Reksohadiprawiro).
b. Sebuah alat yang dipakai untuk memperlancar kegiatan manusia untuk melakukan hubungan, persetujuan, atau perjanjian dan lain sebagainya antara sesama manusia dan dilakukan dengan tertulis (G. Kartasapoetra).
c. Suatu pekerjaan yang bertujuan untuk mengatur segala sesuatu pekerjaan yang berhubungan dengan tulis-menulis, surat-menyurat dan mencatat setiap kejadian yang terjadi di dalam organisasi.
3. Administrasi berdasarkan pengertian pemerintah
Dari sudut pemerintah, administrasi memiliki pengertian sebagai berikut:
a. Rangkaian organ Negara, baik tinggi maupun rendah yang bertugas menjalankan pemerintahan, pelaksanaan, dan kepolisian (Wijana).
b. Suatu kegiatan yang dilakukan untuk mengendalikan usaha-usaha instansi pemerintah agar tujuan bisa tercapai (Y. Wayong).
Dari beberapa pengertian diatas, bisa disimpulkan bahwa administrasi adalah sebuah rangkaian kegiatan yang dialkukan oleh dua orang atau lebih untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan dengan cara kerja sama.

Hubungan Antara Makna dan Pengertian Administrasi
Walaupun memiliki banyak pengertian yang berbeda-beda, akan tetapi pengertian administrasi memiliki makna dan tujuan yang sama, yaitu administrasi sebagai sebuah kegiatan yang dilakukan dengan cara keja sama untuk mencapai tujuan. Kegiatan yang dilakukan pun tidak terbatas pada satu macam kegiatan saja, akan tetapi meliputi rangkaian kegiatan lainnya. 
Jadi, sesungguhnya administrasi dapat dipandang sebagai suatu rangkaian kegiatan, di samping itu juga dapat dipandang sebagai proses pemikiran. Sekalipun administrasi dapat dikelompokkan dalam tiga kategori pengertian atau definisi, namun administrasi dalam pengertian sebagai tata usaha sebaiknya dipahami sebagai cabang atau bagian dari administrasi. Tata usaha adalah satu bagian dari kegiatan yang terutama berkaitan dengan penyediaan, penyimpanan dan penyampaian bahan keterangan atau informasi yang sangat diperlukan bagi pimpinan dalam mengelola kegiatan kerja sama. Kegiatan ini dalam bahasa Inggris disebut "clerical work", bukan "administration". Begitu pula hanya dengan istilah administrasi dalam pengertian sebagai pemerintah atau administrasi publik. Di sini administrasi publik harus kita pahami sebagai satu bagian dari administrasi; yang memusatkan perhatiannya pada kegiatan yang dijalankan atau berhubungan dengan institusi-institusi (lembaga-lembaga atau organisasi-organisasi) publik. Dengan demikian, tata usaha dan administrasi publik adalah bagian dari administrasi.
Begitu luasnya bidang yang dicakup oleh istilah administrasi, sehingga Robert Presthus (1975) sampai-sampai mengungkapkan bahwa cakupan studi administrasi lebih luas daripada cakupan ilmu-ilmu sosial lainnya, karena kerja sama dapat ditemukan dalam setiap aspek kehidupan.

Sumber referensi:
1. Ali Mufiz, M.P.A, Pengantar Ilmu Administrasi Negara
2. The Liang Gie. (1976). Pengertian Administrasi di Indonesia. Suatu Tinjauan Kepustakaan. Yogyakarta: BPA-UGM.
3. Siagian, S.P. (1973). Filsafat Administrasi. Jakarta: Gunung Agung.


Post a Comment for "Pengertian Dasar Ilmu Administrasi"