Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

KEBIJAKAN PUBLIK

Kebijakan Publik

Salah satu kajian yang menarik di dalam ilmu politik adalah kebijakan publik. Konsep kebijakan publik sendiri lebih ditekankan pada studi mengenai administrasi publik. Ini berarti kebijakan publik merupakan sebuah proses pembuatan kebijakan yang dilakukan oleh Negara dengan mempetimbangkan beberapa aspek.

Menurut Subarsono (2010: 10), secara umum kebijakan publik dapat didefenisikan sebagai sebuah kebijakan atau keputusan yang dibuat oleh pihak berwenang (dalam hal ini pemerintah) yang boleh jadi melibatkan stakeholders lain yang poses pembuatannya selalu diawali dari perumusan sampai evaluasi.

Kebijakan publik ini sendiri merupakan salah satu hasil dari perdebatan panjang yang terjadi diranah Negara dengan aktor-aktor yang mempunyai berbagai macam kepentingan. Sehingga, kebijakan publik tidak hanya dipelajari sebagai proses pembuatan kebijakan, tetapi juga dinamika yang terjadi ketika kebijakan tersebut dibuat dan diimplementasikan. (Michael Howlett dan Ramest, 2001: 3)

Menurut Laswell dan Kapalan yang dikutip dalam Nugroho (2008: 53) kebijakan publik didefenisikan sebagai program yang diproyeksikan dengan tujuan-tujuan tertentu, nilai-nilai tertentu, dan praktik-praktik tertentu. Menurut pendapat yang dikemukakan oleh James Anderson dalam Islamy ((2001: 19) kebijakan publik sebagai kebijakan yang dikembangkan oleh badan-badan dan pejabat-pejabat pemerintah.

Sementara menurut William N. Dunn dalam Pasalong (2010:  39) berpendapat bahwa kebijakan publik sebagai rangkaian pilihan yang saling berhubungan yang dibuat oleh lembaga atau pejabat pemerintah dalam bidang-bidang yang menyangkut tugas pemerintahan, seperti pertahanan keamanan, energi, kesehatan, pendidikan, kesejahteraan masyarakat, kriminalitas, perekonomian dan lain-lain.  

Kemudian secara lebih singkat, kebijakan publik menurut Thomas R Dye dalam Santosa (2008: 27) merumuskan kebijakan sebagai pilihan pemerintah untuk bertindak atau tidak bertindak.

Berdasarkan beberapa definisi kebijakan publik menurut para ahli di atas, dapat dirumuskan sebagai berikut:
1. Kebijakan publik adalah kebijakan yang dibuat oleh para aktor administrator Negara atau administrator publik;
2. Kebijakan publik adalah kebijakan yang mengatur kehidupan bersama atau kehidupan publik, bukan kehidupan orang per orang atau golongan, dan;
3. Dikatakan sebagai kebijakan publik jika manfaat yang diperoleh masyarakat yang bukan pengguna langsung dari produk yang dihasilkan jauh lebih banyak atau lebih besar dari pengguna langsungnya.

Post a Comment for "KEBIJAKAN PUBLIK"