Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Unsur-Unsur Administrasi

Unsur-Unsur Administrasi

Pengertian Unsur Administrasi
Dalam bahasa Indonesia, unsur berarti bahan asal, zat asal, bagian yang penting dalam sesuatu hal. Dalam kamus bahasa Inggris disebutkan bahwa unsur diterjemahkan menjadi anasir, element, principle, raw material, dan substance, contohnya: unsur kimia (chemical element).

Mifta Toha (1990: 24) menyebutkan bahwa unsur adalah bagian dari sesuatu kebulatan-kebulatan. Tidak adanya unsur bukan berarti suatu kejadian atau suatu akibat itu tidak ada. Akibat atau kejadian itu tetap ada tetapi kurang sempurna.

Jadi dapat ditarik kesimpulan bahwa yang dimaksud unsur administrasi adalah bagian-bagian penting dalam studi administrasi yang menjadikan administrasi utuh dan sempurna sehingga tujuan yang telah ditetapkan dapat dicapai.

Delapan Unsur Administrasi
Menurut The Liang Gie, ada 8 unsur administrasi, yaitu:
1. Organisasi. Merupakan tempat dilaksanakan administrasi yang didalamnya terdapat pola aktivitas kerjasama melalui hubungan antara individu maupun kelompok yang dilakukan secara teratur untuk mencapai tujuan tertentu.

2. Manajemen. Merupakan inti dari administrasi dikarenakan manajemen alat pelaksana utama dari administrasi.

3. Komunikasi. Komunikasi merupakan serangkaian kegiatan penyampaian warta dari seseorang kepada orang lain dalam rangka usaha mencapai tujuan tertentu.

4. Kepegawaian. Kepegawaian berkaitan dengan unsur administrasi karena proses yang berhubungan dengan penggunaan tenaga kerja/pegawai dalam usaha kerjasama.

5. Keuangan. Dalam unsur administrasi, keuangan memiliki sifat yang sangat komplek sifatnya yang berhubungan dengan penerimaan dan pengeluaran.

6. Perbekalan. Perbekalan berhubungan dengan material, perlengkapan, logistik dan sebagainya. Maknanya adalah mengurusi barang-barang yang berguna untuk membantu terlaksananya sistem administrasi.

7. Tata usaha/perkantoran. Tata usaha dalam unsur administrasi merupakan unsur penting dan sangat menentukan bagi aktivitas administrasi.
 
8. Hubungan masyarakat. Hubungan masyarakat atau sering disingkat dengan humas adalah sebuah kegiatan yang bertujuan menciptakan hubungan baik dengan masyarakat dalam kaitannya dengan usaha yang sedang dijalani. Humas sebagai unsur administrasi merupakan sebuah kegiatan yang memiliki seni, ilmu dan juga etika.

Kedelapan unsur administrasi tersebut saling terkait sehingga merupakan satu kesatuan yang utuh yang tidak bisa dipisahkan. Ini bermakna bahwa, studi administrasi akan sempurna apabila memiliki kedelapan unsur tersebut diatas.

Post a Comment for "Unsur-Unsur Administrasi"