Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Definisi Analisis Kebijakan


Kebijakan Publik

Sebuah kebijakan pasti terkait langsung dengan agenda setting yang membahas persoalan dan bagaimana memecahkan persoalan tersebut. Dalam proses ini, aktor kebijakan berinteraksi satu sama lainnya untuk menentukan apa yang dianggap penting dalam isu politik dan apa yang bukan merupakan isu politik. 

Menurut Dunn, analisis kebijakan sendiri merupakan sebuah kegiatan intelektual yang memiliki tujuan untuk mengkritisi, memberi nilai, dan mengkomunikasikan pengetahuan tentang dan di dalam proses kebijakan. Analisa kebijakan juga bisa dilihat sebagai studi yang menggunakan metode pengkajian multiple dalam konteks argumentasi untuk menciptakan, menilai secara kritis, dan mengkomunikasikan pengetahuan yang relevan dengan kebijakan.

Analisis kebijakan merupakan studi yang bertujuan memberikan rekomendasi kepada public policy maker dalam rangka memecahkan permasalahan publik. Di dalam analisis kebijakan terdapat informasi yang berkaitan dengan permasalahan kebijakan publik serta argumen tentang alternatif kebijakan, sebagai bahan pertimbangan atau masukan kepada pihak pembuat kebijakan. 

Dalam definisi yang lain, analisis kebijakan adalah bentuk penelitian yang dilakukan untuk memperoleh pemahaman yang mendalam mengenai masalah-masalah sosial dan untuk mencari solusi yang terbaik. Dalam studi analisis kebijakan, operation riset, analisis sistem, sistem biaya dan manfaat serta analisis efektifitas biaya ada dalam kategori yang sama dan sering dipakai dalam studi analisis kebijakan. Akan tetapi, analisis kebijakan juga ikut memperhitungkan kesulitan politik dan organisasi yang berkaitan dengan keputusan publik dan implementasinya.
 
Analisis kebijakan tidak hanya melakukan pengamatan terhadap kebijakan dengan melihat ke dalam komponen namun juga dilihat dari desain dan sintesis dari alternatif kebijakan tersebut. Kegiatan kebijakan meliputi penelitian untuk menjelaskan atau memberikan pandangan atas isu atau masalah yang diantisipasi, hingga penelitian evaluasi dari suatu program keseluruhan. 

William N. Dunn (1998) berpendapat bahwa analisis kebijakan publik adalah suatu disiplin ilmu sosial terapan yang menggunakan berbagai macam metodologi penelitian dan argumen untuk menghasilkan informasi yang relevan untuk memecahkan masalah-masalah kebijakan.
 
Weimer dan Vining mengemukakan bahwa analisis kebijakan bukanlah sebuah keputusan, (The product of policy analysis is advice. Specifically, it is advice that inform some public policy decision). Analisis kebijakan merupakan sebuah bahan pertimbangan yang bisa digunakan oleh pembuat kebijakan yang berisi tentang masalah yang dihadapi, tugas yang dilakukan oleh pembuat kebijakan berkaitan dengan pemecahan masalah dan membuat alternatif kebijakan yang bisa diambil dengan berbagai penilaiannya berdasarkan tujuan dirumuskan kebijakan. 

Policy analysis is evaluable, because it can help a decision maker by providing information through research and analysis, isolating and clarifying issues, revealing inconsistencies in aims, and effort, generating new alternative and suggesting ways of translating ideas into feasible and realizable policies. Its major contribution may be to yeald insight particularly with regard to the dominance and sensitivity of the parameters. It is no more than adjunct, although a powerful one, to the judtment , intuition, and experience of decision makers.(Quade, 1982-11)

Post a Comment for "Definisi Analisis Kebijakan"