Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

ANALISIS KEBIJAKAN

Analisis Kebijakan

Kebijakan merupakan studi mengenai konsep dan asas yang menjadi rencana dalam pelaksanaan sebuah kegiatan. Sedangkan menurut beberapa ahli, kebijakan bisa diartikan sebagai sebuah keputusan yang diambil oleh individu atau kelompok dalam usaha untuk mencapai tujuan organisasi. Definisi ini bisa juga diaplikasikan ke dalam sistem pemerintahan, baik itu publik maupun privat. Kebijakan berbeda dengan hukum atau peraturan. Hukum bersifat memaksa atau melarang, sedangkan kebijakan menjadi pedoman terhadap tindakan yang memiliki hasil yang diinginkan.

Kebijakan merujuk pada proses keputusan organisasi, termasuk di dalamnya identifikasi terhadap alternatif permasalahan yang dihadapi oleh organisasi serta prioritas program yang menjadi tujuan dirumuskannya kebijakan serta dampak yang akan terjadi akibat diberlakukannya sebuah kebijakan. Selain itu kebijakan juga bisa dikaitkan dengan mekanisme politis, administratif, manajemen, atau finansial.

Di dalam proses perumusan kebijakan terdapat analisis yang dilakukan untuk melihat apakah sebuah kebijakan bisa berjalan dengan baik dan bisa diterima oleh masyarakat. Analisis kebijakan sendiri merupakan sebuah teknik/cara yang biasa digunakan dalam ilmu administrasi publik untuk memeriksa dan mengevaluasi sebuah kebijakan yang sudah dijalankan. Dalam pelaksanaannya, analisis kebijakan dibagi menjadi dua bagian, yaitu:

1. Analisis deskriptif, yaitu analisis yang dilakukan untuk menjelaskan suatu kebijakan dan perkembangan terhadap jalannya kebijakakn di dalam masyarakat.

2. Analisis preskriptif, yaitu analisis yang melibatkan perumusan kebijakan dan proposal

Analisis kebijakan bertujuan untuk memberikan rekomendasi kepada public policy maker dalam memberikan solusi terhadap permasalahan-permasalahan publik. Analisis kebijakan yang dilakukan harus berisi informasi yang berhubungan dengan permasalahan kebijakan serta argumen tentang alternatif kebijakan yang akan dilakukan, sebagai bahan masukan bagi pembuat kebijakan. 

Pentingnya analisis kebijakan dalam proses perumusan kebijakan adalah memberikan keputusan bagi pembuat kebijakan dengan memberikan informasi melalui penelitian dan analisis, memisahkan dan mengklasifikasikan permasalahan ketidakcocokan tujuan dengan memberikan jalan keluar untuk memecahkan permasalahan tersebut dan kemudian bisa mengusulkan kebijakan baru yang lebih baik sehingga lebih mudah diwujudkan dan direalisasikan.

Analisis kebijakan adalah suatu kegiatan intelektual dan praktisi yang bertujuan untuk mengkritisi, menilai, dan mengkomunikasikan pengetahuan tentang proses kebijakan. Analisa kebijakan dipandang sebagai ilmu yang menggunakan berbagai metode pengkajian multiple dalam konteks argumentasi dan debat politik untuk menciptakan, menilai secara kritis, dan mengkomunikasikan pengetahuan yang relevan dengan kebijakan.

Dalam konteks yang lebih luas, analisis kebijakan merupakan sebuah penelitian yang dilakukan untuk memperoleh pemahaman mengenai masalah-masalah sosial, teknis dan upaya untuk mencari solusi yang lebih baik. Analisis kebijakan menggunakan teknologi modern dalam menyelesaikan permasalahan yang terjadi di dalam masyarakat dengan cara mencari langkah-langkah mudah untuk diamati, menyusun informasi dan bukti yang akurat. 

Analisis terhadap kebijakan publik tidak hanya dilakukan dengan melakukan pengamatan terhadap suatu kebijakan akan tetapi analisis juga melihat disain dan sintesis dari alternatif-alternatif yang baru. Kegiatan tersebut meliputi penelitian untuk menjelaskan atau memberikan pandangan atas isu atau masalah yang diantisipasi, hingga penelitian evaluasi dari suatu program keseluruhan.

Analisis kebijakan tidak sama dengan keputusan, hal ini sesuai dengan apa yang dikemukakan oleh Weimer and Vining, 1998-1.:The product of policy analysis is advice. Specifically, it is advice  that inform some public policy decision. Jadi analisis kebijakan lebih merupakan nasehat atau bahan pertimbangan pembuat kebijakan publik yang berisi tentang masalah yang dihadapi, tugas yang mesti dilakukan oleh organisasi publik berkaitan dengan masalah tersebut, dan juga berbagai alternatif kebijakan yang mungkin bisa diambil dengan berbagai penilaiannya berdasarkan tujuan kebijakan.


Post a Comment for "ANALISIS KEBIJAKAN"