Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perbedaan Administrasi Publik dan Administrasi Bisnis




Perbedaan Secara Definisi
1. Administrasi Publik
Menurut Leonard D. White
Administrasi Publik adalah sebuah kegiatan untuk mencapai tujuan dengan mendasarkan pada kebijakan negara yang telah disepakati bersama-sama, kesempatan ini dilakukan antar lembaga negara.
2. Administrasi Bisnis
Menurut Prof. Dr. Mr. S. Prajudi admosudidjo
Administrasi Bisnis adalah suatu organisasi niaga secara keseluruhan dan mengejar tercapainya tujuan-tujuan yang bersifat bisnis objektif, dan Administrasi Niaga tersebut dijalankan oleh setiap manager dalam suatu organisasi niaga. 

Perbedaan Administrasi Publik dan Administrasi Bisnis

Pada dasarnya konsep dan prinsip dasar dalam ilmu administrasi adalah sama. Namun, jika diterapkan pada sektor yang berbeda maka akan berbeda pula praktek dan sasarannya. Dibawah ini adalah beberapa perbedaan yang terdapat pada administrasi publik dan administrasi bisnis. Diantaranya :
1. Tujuan
Tujuan pokok administrasi publik adalah untuk mensejahterakan masyarakat pada suatu wilayah tertentu sedangkan tujuan administrasi bisnis adalah untuk mengupayakan kelangsungan hidup dan perkembangan suatu perusahaan yang diperoleh dengan cara akumulasi modal, investasi dan mendapatkan keuntungan.
2. Motif
Dari seluruh rangkaian kegiatan dalam administrasi publik mempunyai motif yang berbeda jika dibandingkan dengan administrasi bisnis. Motif administrasi publik adalah memberikan pelayanan terbaik dengan jangkauan seluas mungkin kepada masyarakat. Adapun motif yang dimiliki oleh administrasi bisnis adalah mencari keuntungan secara wajar sesuai dengan modal yang telah ditanamkan. 

3. Sifat pelayanan

Dalam sifat pelayanan nya pun kedua administrasi ini memiliki karakteristik yang berbeda. Administrasi publik memiliki sifat yaitu memberikan pelayanan yang sama kepada seluruh masyarakat tanpa terkecuali. Akan tetapi pada administrasi bisnis, pelayanan yang diberikan bisa saja berbeda. Tergantung seberapa banyak keuntungan yang didapatkan atas  perbaikan pelayanan yang telah dilakukan.


 4. Wilayah Yurisdiksi
Wilayah Yurisdiksi adalah tempat berlakunya sebuah undang-undang berdasarkan hukum.
Administrasi publik memiliki daerah kekuasaan dalam suatu wilayah sesuai yang telah ditentukan oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku.
Administrasi bisnis tidak memiliki wilayah kekuasaan, namun memiliki wilayah operasional. Wilayah operasional ini bisa jadi lebih kecil atau lebih besar daripada wilayah kekuasaan yang dimiliki oleh administrasi publik.
5. Sumber Kekuasaan
Sumber kekuasaan pada administrasi publik diperoleh dari rakyat. Dengan kata lain, rakyat lah yang berdaulat. Baik secara langsung maupun tidak langsung atau diwakilkan.
Sumber kekuasaan pada administrasi bisnis adalah pemilik modal atau saham yang ditanamkan dalam perusahaan tersebut. Bisa diartikan bahwa pemilik kedaulatan adalah ditangan pemilik modal.

6. Orientasi Kebijakan

Orientasi Kebijakan pada administrasi publik adalah mengacu pada peningkatan partisipasi semua lapisan masyarakat agar menjadi warga negara yang baik dan bertanggung jawab. Sedangkan orientasi kebijakan pada administrasi bisnis adalah mengarahkan masyarakat agar menjadi pelanggan, terlebih lagi bisa tertarik untuk menanamkan modal pada usahanya.
7.  Cara Kerja
Cara kerja administrasi publik terkesan cukup ketat karena telah diatur oleh undang-undang yang berlaku.
Cara kerja administrasi bisnis lebih fleksibel dibandingkankan administrasi publik sebab walaupun telah diatur oleh perusahaan tetapi administrasi bisnis lebih mudah menyesuaikan dengan keadaan yang dihadapi
8. Kepegawaian
Dalam administrasi publik pegawainya disebut sebagai pegawai negeri yang pengangkatan, penggajian dan pemberhentian nya diatur oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku. Sedangkan dalam administrasi bisnis perekrutan pegawai nya sesuai dengan kebijakan dari perusahaan atau pemilik modal. Perusahaan biasanya akan mengutamakan kinerja dan prestasi pegawainya.
Demikian beberapa perbedaan tentang administrasi publik dan administrasi bisnis. Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Perbedaan Administrasi Publik dan Administrasi Bisnis"