Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Unsur-Unsur Dalam Administrasi Publik

 

Unsur-Unsur Administrasi Publik


Apa yang terlintas di benak kita jika mendengar administrasi publik? Apakah surat menyurat, pemberkasan, atau suatu prosedur yang harus dipenuhi? Ya, tidak ada yang salah dengan semua itu. Namun administrasi publik yang dimaksud di sini ialah ilmu social yang membahas sekaligus mempelajari tentang tata cara pengelolaan suatu organisasi publik yang konteksnya mengacu pada kehidupan bernegara.

 
Ilmu administrasi publik juga mengabungkan tiga elemen penting dalam negara yakni lembaga legislatif, yudikatif, eksekutif dengan berbagai aturan dan kebijakan publik. Hal ini pun menyangkut soal tujuan negara, administrasi pembangunan serta pengaturan penyelenggaraan negara. 


Berbeda dengan studi manajemen yang membahas tentang pengelolaan bisnis dan profit, administrasi publik lebih kepada penglolaan organisasi pemerintah maupun publik. Maka guna mencapai tujuan yang diinginkan, butuh kerjasama yang baik agar apa yang dihasilkan sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan sejak awal. Itulah mengapa ada beberapa unsur yang harus dipenuhi dalam administrasi publik guna mencapai itu semua. Apa sajakah itu? Simak penjelasan di bawah ini. 

1.    Organisasi

Pentingnya organisasi dalam administrasi publik ialah untuk mengelompokkan pekerjaan yang harus dilakukan setiap orang serta membagikannya kepada pihak yang terkait, termasuk dalam menetapkan wewenang serta tanggungjawabnya masing-masing. Sehingga bisa diartikan bahwa organisasi yang dimaksud adalah kerjasama suatu kelompok guna mencapai tujuan yang telah ditentukan bersama. 


2.    Manajemen
Manajemen di sini berperan untuk menggerakkan orang-orang yang terkait dalam organisasi guna mengerjakan tugasnya masing-masing, hal ini sangat penting demi tercapainya tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya. Itulah mengapa kemampuan manajer sangat diuji untuk mengerahkan setiap orang yang ada sekaligus memanfaatkan segala fasilitas yang tersedia guna mencapai tujuan yang telah ditentukan sejak awal. 



3.    Komunikasi
Kegiatan ini bertujuan untuk mengatur penyampaian berita dari satu orang kepihak yang lain mengenai perkembangan kerjasama yang sedang dilakukan, dengan adanya komunikasi melalui suatu media yang dilakukan oleh pihak yang berkaitan, maka akan timbul timbal balik serta pengertian di antara semua pihak yang berguna untuk mencapai tujuan tertentu.

4.    Kepegawaian

Disebut juga sebagai rangkaian kegiatan yang berkutat dalam penghimpunan, pencatatan, pengolahan, penggandaan, pengiriman, penyimpanan, pemeliharaan, penyusutan, dan pemusnahan suatu informasi dalam organisasi. Tujuannya adalah untuk memelihara potensi yang ada dalam diri manusia guna tercapainya tujuan tertentu.


5.    Perbekalan
Perbekalan yang dimaksud di sini ialah kegiatan yang menyangkut soal sarana dan prasarana yang ada, bisa berupa kerjasama antar anggota organisasi dalam memproses pengadaan dan pemeliharaan peralatan yang dipakai hingga memilah-milah barang yang sekiranya tak terpakai. 


6.    Keuangan
Keuangan sangatlah penting guna mengatasi masalah-masalah yang berkaitan dengan pembiayaan, biaya yang dimaksud bisa berupa penataan maupun pengelolaan dalam perkatoran atau perusahaan. 

7.    Ketatausahaan

Adalah kegiatan dalam penyediaan layanan usaha kerjasama, baik itu berupa catatan keluar masuknya barang yang diperlukan, serta pengiriman dan penyimpanan fasilitas maupun informasi yang terkait.


8.    Hubungan Masyarakat
Hubungan masyarakat yang dimaksud dalam administrasi publik ialah menjaga relasi yang terjalin antar pihak internal maupun eksternal, disebut juga sebagai public relation dimana kegiatan usaha kerjasama yang sedang dijalani harus bisa menciptakan hubungan yang baik antar setiap pihak yang terkait, tujuannya agar penyampaian keputusan yang telah ditetapkan bisa diterima secara sukarela.


Setelah membahas unsur-unsur di atas, tentu wawasan kita menjadi lebih terbuka mengenai apa saja yang harus dipenuhi dalam administrasi publik. Semoga bermanfaat.

1 comment for "Unsur-Unsur Dalam Administrasi Publik"

  1. unsur-unsur dalam administration publik setidaknya ada 8 pokok penting di dalamnya

    ReplyDelete