Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penjelasan Mengenai Administrasi Publik Beserta Fungsi dan Tujuannya

Administrasi Publik



Administrasi Publik atau public administration, merupakan hal atau profesi yang saat ini sedang berkembang. Profesi satu ini banyak sekali dikejar orang. Namun, tentu saja tidak semua orang mengetahui apa yang dimaksud dengan profesi tersebut. Karena, meski sedang naik daun, ternyata tidak semua orang memahami profesi yang satu ini. Kebanyakan orang masih sering mendengar profesi-profesi yang umum. Seperti staff administrasi di kantor, sales atau staff marketing, kasir, atlet, dan masih banyak lagi. Lalu, apa penjelasan mengenai public administration ini?

Penjelasan
Administrasi Publik merupakan ilmu sosial yang berisi mengenai cara-cara mengelola administrasi publik atau umum, untuk kehidupan bernegara. Di antaranya untuk lembaga-lembaga Eksekutif, Legislatif dan Yudikatif.  Perbedaan dari keduanya antara lain, untuk ilmu manajemen, berisi mengenai tata cara dalam pengelolaan organisasi-organisasi swasta. Sedangkan public administration ini, yaitu mengelola organisasi pemerintahan atau publik. Hal-hal yang dikaji dalam administrasi publik, yaitu perilaku-perilaku birokrasi, memanage semua tentang sumber daya manusia, penatalaksana pemerintah, serta implementasi-implementasi kebijakan pemerintahan. 

Fungsi Administrasi Publik 

Terdapat enam fungsi yang berdasar pada seorang ahli yang bernama Gerald E. Caiden. Jadi, apa saja fungsi-fungsi itu? Berikut ini ulasannya!

1.    Fungsi Tradisional
Fungsi tradisional, merupakan fungsi utama dan wajib dari administrasi publik. Fungsi satu ini meliputi hal-hal di antaranya yaitu hubungan luar negeri, perpajakan, pekerjaan umum, pertahanan dan keamanan, ketertiban dalam negeri, serta kesejahteraan umum.

2.    Fungsi Manajemen Ekonomi
Meski terdapat bagian Manajemen, tetapi tidak semua bagian ekonomi diserahkan pada bagian swasta. Public administration pun mengambil bagian. Bisa mengambil peran langsung atau bisa juga hanya dalam membuat regulasi-regulasi.

3.    Fungsi Pembangunan Bangsa

Administrasi publik pun bertanggung jawab dalam memperhatikan pembangunan bangsa. Menumbuhkan perasaan cinta tanah air untuk masyarakat yang memang heterogen atau bermacam-macam jenisnya.

Administrasi Publik



4.    Fungsi Kesejahteraan Sosial
Tentu saja pemerintahan memiliki tanggung jawab penuh atas kesejahteraan masyarakatnya. Jadi, adanya public administration adalah sebagai wadah di mana peningkatan kesejahteraan warga negara berasal. Bisa melalui fasilitas yang disediakan oleh pemerintah, misalnya pelayanan kesehatan untuk masyarakat, jaminan-jaminan sosial dan lain sebagainya.

5.    Fungsi Mengontrol Lingkungan
Administrasi publik juga berfungsi sebagai pengontrol lingkungan yang ada di suatu negara. Salah satu bentuk dalam mengontrol lingkungan yaitu menjaga alam agar tetap lestari. Jadi, mencari bagaimana cara mencegah agar tidak terjadi kerusakan lingkungan yang biasanya akibat dari eksploitasi alam. Apa yang harus dilakukan? Yaitu riset dan pengembangan-pengembangan, dapat juga dengan melakukan konservasi, penataan kota dah lain sebagainya. 

6.    Fungsi Hak Asasi Manusia
Karena negara kita memiliki landasan dasar demokrasi, maka fungsi adanya administrasi publik adalah agar masyarakat yang ada di dalam negara ini mendapatkan keadilan baik dari segi hak asasi yang mesti dilindungi, perlindungan privasi tiap individu, serta pengendalian untuk penduduk.


Tujuan Administrasi Publik
Tujuan adanya public administration yaitu agar apa yang menjadi kemauan publik dan merupakan tujuan negara tersebut, dapat tercapai. Apa saja keinginan publik yang harus dicapai oleh suatu negara? Terdapat tiga hal. Di antaranya adalah kesejahteraan, keamanan dan keadilan. Akan tetapi, agar dapat mencapai ketiganya, harus ada beberapa hal juga. Yaitu partisipasi, tanggung jawab, dukungan, serta kontrol sosial. Maka dari itu, masyarakat pun harus tetap mendukung penuh apa yang sudah ditetapkan oleh administrasi publik. Agar negara ini dapat berkembang sesuai yang diinginkan seluruh masyarakat.

Post a Comment for "Penjelasan Mengenai Administrasi Publik Beserta Fungsi dan Tujuannya"