Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian dan Fungsi Administrasi Publik



Administrasi publik merupakan ilmu sosial yang mengkaji sistem ketatanegaraan suatu negara serta segala sesuatu yang berhubungan dengan publik yang meliputi organisasi publik, kebijakan publik, manajemen publik, dan pelayanan publik


Definisi Administrasi Publik
Administrasi publik sebagai salah satu ilmu sosial yang mengkaji sistem pengelolaan negara dengan mengaitkan dengan kebijakan, organisasi, manajemen, dan pelayanan. Administrasi publik berhubungan dengan Legislatif, Yudikatif, dan Eksekutif  serta dengan berbagai peraturan dan kebijakan yang berhubungan dengan publik, tujuan negara, administrasi pembangunan, dan etika yang mengatur penyelenggaraan negara.

Secara tata bahasa administrasi publik diartikan dari dua kata, yaitu administrasi dan publik. Sehingga administrasi dapat diartikan sebagai suatu kegiatan atau kerjasama sekelompok orang dalam rangka mencapai tujuan yang telah ditentukan. Publik sendiri diartikan sebagai negara dan warga masyarakat

Sehingga administrasi publik dapat diartikan sebagai sebuah proses menjalankan keputusan atau kebijakan untuk kepentingan negara dan warga masyarakat.


Definisi Administrasi Publik Menurut Para Ahli
Beberapa definisi administrasi publik berdasakan pendapat para ahli, yaitu:
1.        Nicholas Henry
Administrasi publik adalah gabungan antara teori dan praktek yang bertujuan untuk memberikan pemahaman terhadap pemerintah dalam hubungannya dengan masyarakat dan juga mendorong kebijakan publik agar lebih responsive terhadap kebutuhan sosial.
2.        Harbani Pasolong
Administrasi publik adalah kegiatan kerjasama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih atau lembaga dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan publik secara efektif dan efisien.
3.        Dwight Waldo
Administrasi publik adalah penataan manajemen yang dilakukan terhadap organisasi dari manusia-manusia dan peralatannya untuk mencapai tujuan organisasi.
4.        Dr. H. Amin Ibrahim
Administrasi publik adalah upaya pemerintah dalam memenej  sistem pemerintahan yang baik (perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan terhadap pembangunan) dengan sebuah mekanisme kerja serta dukungan sumber daya manusia.




Fungsi Administrasi Publik
Ada enam fungsi administrasi publik , yaitu:
1.        Fungsi Tradisional
Merupakan fungsi yang utama dalam administrasi publik. Fungsi ini meliputi; kesejahteraan umum, perpajakan, hubungan luar negeri, ketertiban dalam negeri, pertahanan dan keamanan, pekerjaan umum,  dan .
2.        Fungsi Pembangunan Bangsa
Fungsi ini bertujuan menumbuhkan rasa cinta tanah air dan bangsa di tengah masyarakat Indonesia yang sangat heterogen.
3.        Fungsi Manajemen Ekonomi
Administrasi publik berfungsi sebagai pembuat regulasi.
4.        Fungsi Kesejahteraan Sosial
Fungsi ini langsung berhubungan dengan sistem pelayanan kesejahteraan warga negara. Pemerintah harus ikut campur tangan dalam meningkatkan kesejahteraan sosial dengan cara memberikan pelayanan kepada masyarakat seperti; perumahan umum, pelayanan kesehatan, jaminan sosial kesejahteraan sosial.
5.        Fungsi Kontrol Lingkungan
Fungsi ini bertujuan mencegah terjadinya kerusakan pada lingkungan akibat ulah manusia dalam mengeksploitasi alam, maka dilakukan kontrol terhadap lingkungan seperti, riset dan pengembangan, konservasi, tata kota, dan lain sebagainya.
6.        Fungsi Hak Asasi Manusia
Fungsi ini memberikan jaminan demokrasi sehingga pemerintah bisa melayani dan melindungi publik Beberapa fungsi hak asasi manusia tersebut yaitu, perlindungan HAM.

Sekian tulisan saya tentang pengertian dan fungsi administrasi publik, semoga bermanfaat bagi kita semua.

Post a Comment for "Pengertian dan Fungsi Administrasi Publik"