Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Administrasi Publik dan Prospek Kerjanya


Administrasi publik atau kita kenal dengan administrasi negara adalah ilmu sosial yang mempejari 3 hal atau elemen penting dalam bernegara. Ilmu yang dipelajari meliputi legislatif, yudikatif juga eksekutif. Selain itu, ilmu ini juga mempelajari berbagai hal yang menyangkut kebijakan publik, manajemen publik, tujuan negara dan lainnya. Dalam artian, ilmu ini mempelajari cara mengelola suatu organisasi publik. Semisal birokrasi, penyusunan, administrasi pembangunan, pemerintahan daerah dan lainnya. 

Asal Mula Administrasi Publik
Program belajar administrasi negara ini akan mempelajari cara mengelola administrasi dengan lebih spesifik. Memang lebih khusus pada bahasan administrasi pemerintahan atau administrasi negara. Di dalam ilmu ini juga akan mempelajari sepuluh proses yang ada dilakukan oleh perorangan maupun individu. Dimana memang berkaitan pada bentuk pelaksanaan suatu hukum atau peraturan yang telah dikeluarkan oleh lembaga tertentu. Semisal oleh lembaga legislatif, eksekutif hingga peradilan.
 

Pembelajaran ilmu administrasi negara ini akan sangat dekat dengan pengumpulan serta pengumpulan data. Tidak hanya terfokus pada teori melainkan meneliti dengan bantuan teknologi juga komunikasi. Menganalisa dan mencari sebuah solusi atas suatu masalah implementasi kebijakan.
 

Prospek Kerja Administrasi Publik

Aparat Pemerintah Daerah Pusat Maupun Daerah
Administrasi negara atau administrasi publik ini tidak akan sulit menemui prospek bekerja. Dimana lulusan jurusan ini dapat ikut andil dalam menjalankan sebuah pemerintahan. Baik dalam skala pusat maupun skala daerah. Misalnya saja menjadi anggota aparat sistem pemerintahan. Baik dalam tingkat kabupaten, kelurahan, kecamatan, hingga kementrian.
 

Anggota Legislatif Pusat atau Daerah
Mahasiswa ilmu administrasi negara memang akan selalu dituntut untuk berpikir dengan strategis guna menentukan suatu kebijakan pemerintah. Strategi yang dipelajari pastinya agar pemerintahan yang terbentuk menjadi sejajar juga efektif dalam membangun sebuah negara. Lulusan ilmu ini dapat bekerja menjadi anggota legislatif atau staf-nya guna menyusun kebijakan dan strategi secara inti. Anggota legislatif ini dapat dalam lingkup pusat maupun daerah juga.
 


 

Aktivis LSM
LSM ialah Lembaga Swadaya Masyarakat yang melayani masyarakat umum tanpa mendapatkan keuntungan. Biasanya kegiatan yang dilakukan ialah membela masyarakat yang tertindas dan tertinggal. Intinya ialah membangun masyarakat agar menjadi lebih ideal layaknya hukum yang berlaku. Nah, lulusan administrasi negara juga dapat bekerja di LSM dan menjadikan struktur organisasi semakin baik dan efektif.
 

Konsultan Pemerintahan

Prospek kerja lulusan administrasi publik lainnya ialah menjadi konsultan pemerintahan. Tentu kita tahu jikalau roda pemerintahan tidak selalu berjalan mulus. Pastinya ada berbagai hambatan pula yang membuatnya tidak mulus. Kamu dapat menjadi konsultan pemerintah juga lho. Dimana bekerja menjadi konsultan pemerintahan juga cukup menjanjikan. Untuk tugasnya ialah memberikan sebuah solusi, masukan sampai membuat dan merumuskan suatu strategi. Strategi tersebut pastinya dibuat agar pemerintahan dapat dibangun dengan lebih baik.
 

Anggota Dari Partai Politik
Seperti yang telah kita ketahui jikalau pemerintahan berjalan juga adanya dorongan dari partai politik. Jikalau kamu ingin menyalurkan berbagai visi dan misi maka dapat bergabung ke dalam partai politik. Sebagai seorang anggota partai politik tentu harus sudah paham bagaimana pola yang digunakan dalam pemerintahan di Indonesia. Nah, kamu dapat bergabung menjadi anggota partai politik ini juga setelah lulus dari studi ilmu administrasi negara.
 

BUMN
Prospek kerja lainnya memang tidak hanya dalam pemerintahan saja. Melainkan dapat dipakai pula dalam BUMN. Ya lulus administrasi negara juga bisa bekerja di BUMN dalam bidang keuangan dan perpajakan.
 

Nah itulah tadi penjelasan mengenai ilmu administrasi publik dan prospek kerjanya di masa mendatang. Untuk itu, sebenarnya tidak perlu ragu dalam mempelajari ilmu tersebut karena nyatanya sangat berguna dalam banyak bidang.
 

Post a Comment for "Mengenal Administrasi Publik dan Prospek Kerjanya"