Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Daftar 4 Pekerjaan Paling Diminati Lulusan Administrasi Publik


 

Administrasi publik atau kerap kita kenal dengan administrasi negara ini merupakan ilmu yang mengelola administrasi secara lebih efektif dan spesifik. Baik dimulai dari perencanaan dampai pada pengendalian instansi publik maupun swasta untuk mencapai tujuan akhir. Bahkan, para mahasiswa jurusan ini akan erat dengan data juga aturan yang berhubungan dengan negara. Untuk menyelesaikan permasalahan yang ada kaitannya dengan kebijakan publik harus dengan pemikiran kritis dan strategi tepat.
Mengapa Jurusan Administrasi Publik Sangat Menguntungkan
Bagi kamu yang masih bingung dengan pemilihan jurusan, rasanya Ilmu administrasi negara ini sangat cocok. Misalnya saja dalam pandangan masyarakat kamu akan terlihat lebih menarik dan berwibawa. Bahkan untuk masalah pekerjaan kedepannya setelah lulus juga tidak perlu dipusingkan. Ada berbagai pekerjaan yang dapat kamu peroleh setelah lulus dari program studi ini lho. 

Beberapa Pekerjaan Setelah Lulus Administrasi Publik Paling Disukai
Sebagai Jurnalis
Pekerjaan jurnalis memang tidak hanya bisa diisi oleh lulusan komunikasi saja. Jika kamu memang gemar menulis dan sudah lulus dari studi administrasi negara maka pekerjaan sebagai jurnalis juga bisa kamu ambil. Hal ini dikarenakan mahasiswa jurusan ini telah terbiasa menganalisa masalah dan pasti paham akan materi dasar mengenai pemerintah dan politik. Untuk masalah gaji juga tidak diragukan dimana setiap perusahaan memang tidak sama. Akan tetapi untuk jurnalis muda kamu memiliki peluang gaji Rp. 4.000.000 per/bulan.
Admin atau Staf Tata Usaha
Pekerjaan kedua paling diminati oleh lulusan jurusan administrasi publik ialah staf tata usaha. Ketika bisnis baru dimulai tentu membutuhkan tenaga profesional dalam bidang tersebut. Untuk meraih kesuksesan dalam bidanh yang sama, kamu dapat bekerja di dalamnya. Pastinya menjadi staf tata usaha menuntut kamu untuk menguasai komunikasi, pengarsipan hingga mengoperasikan microsoft office.
Intinya, tugas dari staf tata usaha ini yakni mengelola administrasi perusahaan secara menyeluruh. Selain itu, membuat dan masukkan dokumen juga data ke komputer sampai perantara komunikasi. Baik komunikasi dalam lingkup masyarakat maupun perusahaan. Umumnya pada mula-mula gaji yang bisa diterima ialah Rp. 4.000.000. 


 

HRD atau Human Rosources Development
Setelah lulus dari studi administrasi negara kamu juga berpeluang untuk bekerja sebagai HRD. Dalam sebuah perusahaan HRD sangat dibutuhkan untuk mengelola sumber daya manusia. Tugas HRD ialah merekrut karyawan, menyediakan lingkungan bekerja yang nyaman juga mengatur proses naiknya jabatan. Selain itu, HRD juga mengatur perpindahan divisi yang akan dilakukan oleh karyawan dari perusahaan tersebut juga. Pada awal mula gaji yang dapat diterima sebanyak Rp. 4 juta dan dapat bertambah seiring waktu.
Aktivis LSM
Setelah lulus dari administrasi publik, menjadi aktivis LSM juga banyak digemari oleh lulusan jurusan ini. Terlebih bagi mereka yang menyukai aktivitas atau kegiatan yang berhubungan dengan kemanusiaan. Pekerjaan ini akan menuntut kamu untuk langsung terjun ke masyarakat dan mendalami berbagai sudut osndsng kehidupan. Biasanya pekerjaan ini sksn menuntut kamu untuk sering keluar kota maupun keluar negeri. Dalam artian aktivis LSM harus bisa berbahasa asing, memiliki kemapuan public speaking yang bagus dan berpikir kritis. 

Itulah tadi berbagai pekerjaan yang digemari oleh lulusan administrasi publik. Sebenarnya masalah pekerjaan ini tergantung kepada pribadi masing-masing. Dimana antara satu dengan yang lainnya memiliki kenyamanan yang berbeda dalam sebuah bidang. Bisa jadi ada yang lebih suka duduk dalam kursi pemerintahan atau sekedar di perusahaan biasa saja.

Post a Comment for "Daftar 4 Pekerjaan Paling Diminati Lulusan Administrasi Publik"