Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Alasan Jurusan Administrasi Publik Begitu Istimewa

Administrasi Publik
 

Setelah lulus dari jenjang sekolah menengah atas, pastinya kita akan mulai berpikir ingin melanjutkan kuliah. Dalam hal ini, biasanya calon mahasiswa akan bingung menentukan ingin memilih jurusan apa. Akan tetapi, tidak jarang pula calon mahasiswa memilih jurusan administrasi publik atau administrasi negara. Sebenarnya jurusan seperti apa ya administrasi negara itu?
Administrasi Publik atau Administrasi Negara
Ilmu administrasi negara atau administrasi publik adalah studi yang mempelajari segala hal yang berkaitan dalam pelaksanaan suatu negara. Dimana mahasiswa dituntut untuk bisa berpikir kritis dan miliki strategi yang efektif dalam pengelolaan pemerintah. Dapat dikatakan pula jika jurusan ini membuka banyak peluang agar generasi muda menduduki kursi pemerintahan baik dalam skala daerah maupun pusat.
Alasan Jurusan Administrasi Publik Diminati Mahasiswa
Jurusan Tak Biasa
Meski memang banyak diminati, nyatanya jurusan administrasi ini tidak memiliki peminat sebanyak jurusan umum. Semisal jurusan sastra Indonesia maupun Inggris. Banyak mahasiswa yang memilih jurusan administrasi negara ini juga karena tak biasa dan dianggap luar biasa dalam masyarakat. Bisa dikatakan jika jurusan ini sangat keren untuk digeluti.

Peluang Tinggi Untuk Melanjutkan Pendidikan Pascasarjana
Mahasiswa mengambil jurusan administrasi publik tak lain juga karena hal ini. Dimana setelah menempuh S1 biasanya orang akan tertarik melanjutkan S2. Nah, jurusan ini sangat memberikan peluang bagi kamu untuk bisa melanjutkan pendidikan pada jenjang lebih tinggi lho.
Prospek Kerja Terbuka Lebar
Menjadi lulusan administrasi negara memang sangat beruntung. Dimana sangat dibutuhkan dalam membuat pemerintahan dapat berjalan dengan baik. Tidak hanya dalam roda pemerintahan, bahkan kamu dapat bekerja di BUMN juga. Jikalau ingin menjadi konsultan pemerintahan, dosen atau pengajar, anggota partai politik juga bisa. 

Pandangan Yang Lebih Positif
Jikalau dilihat memang benar jikalau lulusan dari pendidikan administrasi negara biasanya akan lebih dipandang positif di masyarakat. Ya, setidaknya kamu langsung mendapatkan posisi yang bagus di hati masyarakat. Tentunya akan membuat keluarga menjadi bangga juga. 

Administrasi Publik


Gaji Yang Bagus
Tidak dapat dipungkiri jikalau manusia memiliki banyak kebutuhan. Itu artinya banyak pula orang yang melanjutkan pendidikan tinggi untuk mendapatkan penghasilan yang lebih tinggi juga. Jika kamu mengambil jurusan administrasi publik pastinya gaji yang bagus akan kamu peroleh juga. Bagaimana tidak, kamu memiliki peluang untuk bekerja di pemerintahan yang mana untuk masalah gaji tidak diragukan. Bahkan kamu juga berpeluang menjadi PNS dimana gaji yang kamu miliki akan stabil.
Membuat Pribadi Lebih Teliti
Mahasiswa jurusan administrasi negara memang dituntut untuk lebih teliti. Bagaimana tidak jika sehari-hari harus berurusan dengan pendataan juga berbagai urusan administrasi? Otomatis melalui kegiatan tersebut kamu akan belajar dengan lebih teliti. Lambat laun pribadi kamu akan berubah menjadi lebih teliti.
Mudah Bersosialisasi
Seperti yang telah kita pahami, mengambil jurusan administrasi negara artinya sudah siap melayani masyarakat. Nah, dalam hal ini kamu akan diajarkan dan dilatih untuk bisa bersosialisasi dengan baik. Mengingat kamu akan bekerja sebagai pelayan masyarakat. 

Tidak Terbatas Gender
Uniknya, ilmu administrasi piblik ini memang sangat cocok untuk laki-laki juga perempuan. Wajar jikalau peminat jurusan ini juga cukup banyak. Dimana kamu juga tidak perlu berpikir apakah jurusan yang kami ambil cocok untuk perempuan atau untuk laki-laki.

Post a Comment for "Alasan Jurusan Administrasi Publik Begitu Istimewa "