Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Administrasi dan Ciri-Cirinya


Administrasi merupakan salah satu ilmu yang sekarang banyak dipelajari oleh masyarakat, baik belajar secara formal maupun secara in-formal. Kalau diambil secara pengertian, maka administrasi merupakan usaha atau kegiatan yang berkenaan dengan penyelenggaraan kebijaksanaan untuk mencapai tujuan. Pengertian administrasi sendiri bisa dilihat dari dua hal, yaitu pengertian dalam arti sempit dan pengertian dalam arti luas.
Dalam arti sempit, administrasi merupakan kegiatan yang berhubungan dengan catat-mencatat, surat menyurat, pembukuan ringan, ketik mengetik, agenda, dan sebagainya yang bersifat teknis ketatausahaan. Sedangkan pengertian administrasi dalam arti luas adalah seluruh proses atau kegiatan antara dua orang atau lebih dalam mencapai tujuan tertentu secara berdaya guna dan berhasil guna.
Menurut The Liang Gie (1999: 14) administrasi adalah segenap rangkaian penataan terhadap pekerjaan pokok yang dilakukan oleh sekelompok orang dalam kerjasama untuk mencapai tujuan tertentu. Masih dari sumber yang sama, definisi administrasi menurut Luther Gullick yaitu Administrstion has to do with getting things done, with the accom plishment of defenid objectives. Jadi menurut Gullick, administrasi berkenaan dengan penyelesaian hal apa yang hendak dikerjakan, dengan tercapainya tujuan-tujuan yang hendak ditetapkan.
Sementara itu, menurut Nawawi (1999: 1), administrasi adalah kegiatan atau rangkaian kegiatan sebagai proses pengendalian usaha kerjasama sekelompok manusia untuk mencapai tujuan bersama yang telah ditetapkan. Sedangkan menurut Siagian (2002: 2) administrasi adalah keseluruhan proses kerjasama antara dua orang atau lebih yang didasarkan atas rasionalitas tertentu untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan.
Sebagai sebuah ilmu, maka administrasi memiliki ciri-ciri, yaitu: adanya kelompok  manusia yang terdiri atas  2 (dua) orang atau lebih, adanya kerjasama yang dilakukan oleh  dua orang atau lebih,  adanya proses usaha , adanya bimbingan, kepemimpianan, dan pengawasan dan yang terakhir  dan yang terpenting adalah danya tujuan yang ingin dicapai.
Jadi, itulah administrasi yang selama ini kita kenal dan secara singkat saya jelaskan. Semoga bermanfaat bagi saya dan kita semua. Sekian.

Post a Comment for "Administrasi dan Ciri-Cirinya"