Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

ADMINISTRASI PUBLIK SEBUAH PENGANTAR (2)

 

Administrasi Publik

Pada periode selanjutnya para ilmuwan administrasi negara berusaha membangun body of knowledge ilmu administrasi negara ini dengan menerbitkan berbagai artikel dan buku yang berhubungan dengan ilmu administrasi negara dan kemudian mencoba menggali apa-apa yang mereka sebut sebagai prinsip-pinsip administrasi yang universal.

Keberadaan ilmu-ilmu sosial (salah satunya manajemen) tidak bisa dibantah memiliki hubungan erat dengan ilmu administrasi. Hal tersebut juga dapat dilihat dari prinsip-prinsip administrasi yang diadopsi dari administrasi bisnis yang kemudian diterapkan pada organisasi pemerintah. Hak ini bisa dimengerti karena upaya para ahli administrasi negara untuk mengembangkan body of knowledge ilmu administrasi negara.

Pencarian jati diri Ilmu Administrasi Negara tidak akan pernah selesai dikarenakan kegamangan para ilmuwan administrasi negara dalam meninggalkan Ilmu Politik sebagai induknya. Untuk menemukan identitasnya secara mandiri bermula dari kegagalan mereka dalam merumuskan apa yang mereka sebut sebagai prinsip-prinsip administrasi sebagai pilar pokok Ilmu Administrasi Negara.
 
Baca juga: Jenis-Jenis Kebijakan Publik

Runtuhnya ide tentang prinsip-prinsip administrasi ditandai dengan terbitnya tulisan Paul Applebey (1945) yang berjudul Government is Different. Menurut Applebey, institusi pemerintah memiliki karakteristik yang berbeda dengan institusi swasta sehingga prinsip-prinsip administrasi yang diadopsi dari manajemen swasta tidak serta merta dapat diadopsi dalam institusi pemerintah.

Karya Herbert Simon (1946) yang berjudul The Proverbs of Administration juga ikut memojokkan gagasan tentang prinsip-prinsip administrasi yang terbukti lemah dan banyak aksiomanya yang keliru. Akibat hal tersebut, membuat Ilmu Administrasi Negara mengalami "krisis identitas‟ dan mencoba kembali ke Ilmu Politik. Namun demikian, hal ini tidak berlangsung lama karena ilmuwan administrasi negara terus berusaha dan mencoba untuk bisa menemukan kembali fokus dan lokus studi ini.

Kesadaran bahwa adanya perbedaan yang mendasar antara lembaga pemerintahan dan bisnis dalam mengembangkan nilai, tradisi dan kompleksitas mendorong perlunya merumuskan definisi yang jelas tentang prinsip-prinsip administrasi yang gagal dikembangkan oleh para ilmuwan terdahulu.
 
Baca juga: Perbedaan Administrasi Publik Dengan Administrasi Bisnis

Mekanisme pasar bekerja untuk mencari profit atau laba, sementara lembaga pemerintah bekerja untuk mengatur, melayani dan melindungi kepentingan publik. Karakteristik antara birokrasi pemerintah dan organisasi swasta sangatlah berbeda, sehinga para ilmuwan dan praktisi administrasi negara menyadari pentingnya mengembangkan teori dan pendekatan yang berbeda dengan yang dikembangkan oleh para ilmuwan yang mengembangkan teori-teori administrasi bisnis.

Post a Comment for "ADMINISTRASI PUBLIK SEBUAH PENGANTAR (2)"