Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

ADMINISTRASI SEBAGAI ILMU DAN SENI


Administrasi Publik

Administrasi adalah ilmu dan seni. Sebagai ilmu, administrasi mempunyai teori inti dan dapat dipelajari oleh semua orang. Sedangkan sebagai seni, administrasi merupakan keterampilan yang ditempa oleh berbagai pengalaman. Jika kita memandang administrasi sebagai satu disiplin, maka administrasi termasuk dalam kategori ilmu. Sebaliknya, jika kita melihat administrasi sebagai aktivitas yang dilakukan sehari-hari, maka administrasi termasuk dalam kategori seni.
Dalam perkembangan selanjutnya, administrasi dipandang lebih konkret, yakni sebagai profesi, sebagaimana yang dilaksanakan para administrator, baik yang bekerja di lingkungan pemerintahan maupun di lingkungan swasta. Buku “Reinventing Government” (1991) tulisan Osborne dan Gaebler, yang mengguncang kemapanan administrasi publik Amerika, melihat administrasi lebih sebagai profesi daripada ilmu atau seni.
Menurut The Liang Gie dan Soetarto (1978:36-41), administrasi adalah sebuah ilmu karena memenuhi tiga persyaratan berikut:
1. Administrasi merupakan sekelompok pengetahuan yang teratur mengenai sesuatu hal atau bidang.
2. Administrasi mempunyai berbagai konsep yang telah terbukti kebenarannya.
3. Administrasi memiliki metode untuk mencapai kebenaran, berdasarkan sifat-sifat empiris, sistematis, objektif, analitis dan dapat diuji kebenarannya.

Post a Comment for "ADMINISTRASI SEBAGAI ILMU DAN SENI"