Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Peran Penting Ilmu Administrasi Publik


Ilmu Administrasi Publik
 
Administrasi diartikkan sebagai kegiatan kerjasama individu atau sekelompok orang atau lembaga/institusi untuk mencapai tujuan, ini berarti fenomena kegiatan kerjasama sebagai objek kajian ilmu administrasi publik dapat ditemui dalam segala segi kehidupan manusia. Perkembangan iptek dewasa ini, tuntutan akan efisiensi dan efektifitas sumberdaya, mendorong individu dan organisasi untuk melaksanakan kegiatan pencapaian tujuan dalam berbagai segi kehidupan.
Perkembangan dunia yang semakin pesat dan masyarakat yang semakin maju serta semakin berkembangnya berbagai permasalahan yang dihadapi oleh manusia secara individu ataupun kelompok yang tidak dapat diselesaikan secara tuntas. Oleh karena itu untuk membantu menyelesaikan masalah yang dihadapi oleh setiap orang, diperlukan administrasi bisnis ataupun publik untuk melakukan kerjasama. Persoalan yang terjadi dari kerjasama indivudi ataupun kelompok orang dapat dianalisis dan dipecahkan melalui studi administrasi.
Administrasi bisnis dan administrasi publik memiliki perhatian terhadap proses berkembangnya peradaban manusia. Banyak yang berpendapat bahwa baik buruknya peradaban manusia tergantung pada ada atau tidaknya administrasi. 
Administrasi merupakan nilai penting bagi masyarakat modern (administration as the key to modern society), dan tidak ada subjek yang lebih penting dari pada subjek administrasi. Masa depan peradaban manusia bergantung pada kemauan untuk mengembangkan ilmu pengetahuan, falsafah, dan praktek administrasi yang memiliki kemampuan dalam hal pelaksanaan fungsi administrasi.
Ada enam peranan administrasi publik, yaitu:
1. Administrasi sebagai studi ilmiah yang memperlihatkan kurangnya kemampuan terhadap disiplin ilmu administrasi (administrative ability) dan efisiensi manajerial terutama pada masa perang II. Semua manusia membutuhkan administrasi, oleh karena itu, administrasi menjadi subjek dari kepentingan yang universal.
2. Stabilisasi dalam masyarakat (the stabilizing in society).
3. Berperan dalam perubahan kemasyarakat(the role in social change).
4. Berubahnya manajerial terbesar (the great of a managerial revolution). Kualitas karakter manajemen, memperlihatkan bahwa dalam kenyataan manajer memiliki kesiapan untuk mengambil alih fungsi manajemen masyarakat modern.
5. Prospek evolusi manajerial. Secara umum posisi manajer dari satu masyarakat demokratik akan mengalami perubahan, dan bagian terpenting dari pemerintahan atau bisnis adalah bagian manajerial.
6. Kunci masyarakat modern. Masyarakat modern merupakan masyarakat yang sangat besar. Setiap lembaga negara dan swasta harus mempunyai administrasi yang baik, karena administrasi merupakan kunci untuk kekuasaan dalam masyarakat.

2 comments for "Peran Penting Ilmu Administrasi Publik"

  1. bagus mas blog nya , jgan lupa tengok blog aku juga

    ReplyDelete
  2. Siap mbak, makasih ya, blog mbak apa, biar sering2 aq liat

    ReplyDelete