Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Defenisi Administrasi Menurut Para Ahli

 
Definisi Administrasi

Definisi Administrasi menurut Leonard D. White :
“Administration is the process common to group effort, public or private, civil or military large or small scale” (1958:1) (Administrasi adalah sebuah proses yang umum terdapat dalam semua usaha kelompok, baik negara ataupun swasta, sipil atau militer, berskala kecil maupun besar).

Definisi Administrasi menurut Dimock & Dimock :
“In its broadest sense administration (or management, a word used interchangeably with in common parlance) is involve in almost every individual or group activity” (Dalam pengertian yang sangat luas, administrasi (atau manajemen, satu kata yang dalam percakapan umum saling dipertukarkan penggunaanya dengan administrasi) bersangkutan dengan setiap aktivitas individu atau kelompok). Dimock & Dimock menegaskan bahwa “basically administration is cooperative group activity” (1956:3). (bahwa pada dasarnya adminitrasi merupakan aktivitas kerjasama kelompok).


Definisi Administrasi menurut Herbert A. Simonn :
“Administration can be defined as the activities of groups cooperating to accomplish common goals”
(Administrasi dapat dirumuskan sebagai kegiatan-kegiatan kelompok kerjasama untuk mencapai tujuan- tujuan bersama);

Definisi Administrasi menurut Prajudi Atmosudirdjo :
“Administrasi merupakan suatu fenomena sosial, suatu perwujudan tertentu di dalam masyarakat modern. Eksistensi dari administrasi ini berkaitan dengan organisasi, artinya administrasi itu terdapat di dalam suatu organisasi. Jadi barang siapa hendak mengetahui adanya administrasi dalam masyarakat ia harus mencari terlebih dahulu suatu organisasi yang masih hidup, disitu terdapat administrasi”.


Definisi Administrasi menurut The Liang Gie :
“ Administrasi adalah segenap rangkaian kegiatan penataan terhadap pekerjaan pokok yang dilakukan oleh sekelompok orang dalam kerjasama menjcapai tujuan tertentu.”

Jadi pada prinsipnya pengertian Administrasi secara lebih luas memiliki unsur adanya kerjasama, banyak orang, untuk mencapai tujuan, atau lebih sempit lebih kita kenal sebagai kegiatan tata usaha. Di dalam administrasi terdapat unsur : manusia, tujuan, tugas, kerjasama, dan sarana.

Post a Comment for "Defenisi Administrasi Menurut Para Ahli"

View My Stats