Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Pemimpin dan Kepemimpinan Menurut Beberapa Ahli

Pemimpin dan Kepemimpinan
Pemimpin merupakan seseorang yang memiliki kemampuan memimpin dan mempengaruhi. Pemimpin menurut Modern Dictionary of Sociology adalah seseorang yang memiliki peranan atau posisi dominan dan berpengaruh dalam kelompoknya. Jadi dapat dikatakan bahwa pemimpin adalah seseorang yang dapat mempengaruhi orang lain dalam rangka mencapai suatu tujuan tertentu.

Beberapa ahli berpendapat bahwa pemimpin, adalah:
1. Pemimpin menurut Hasibuan adalah, seseorang dengan wewenang kepemimpinannya mampu mengarahkan bawahannya untuk mengerjakan Sebagian pekerjaannya dalam mencapai tujuan.

2. Pemimpin menurut Maccoby adalah, seorang yang mampu menumbuhkan dan mengembangkan segala yang terbaik dalam diri para bawahannya.

3. Pemimpin menurut Lao Tzu adalah, seseorang yang membantu mengembangkan orang lain, sehingga akhirnya mereka tidak lagi memerlukan pemimpinnya itu. 

4. Pemimpin menurut Robert Tanembaum adalah, mereka yang menggunakan wewenang formal untuk mengorganisasikan, mengarahkan, mengontrol para bawahan yang bertanggungjawab, supaya semau bagian pekerjaan dikoordinasi demi mencapai tujuan perusahaan.

5. Pemimpin menurut Davis and Filley adalah, seseorang yang menduduki suatu posisi manajemen atau seseorang yang melakukan suatu pekerjaan memimpin.

Dari beberapa pendapat yang dikemukakan oleh para ahli tentang pemimpin diatas, dapat diketahui bahwa pemimpin adalah seseorang yang mempunyai kemampuan untuk mempengaruhi dan memotivasi bawahannya untuk melakukan pekerjaan sesuai dengan tujuan organisasi/lembaga/institusi.

Sedangkan kepemimpinan adalah kemampuan seorang pemimpin untuk mengendalikan, memimpin, mempengaruhi fikiran, perasaan atau tingkah laku orang lain untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan. Kepemimpinan merupakan suatu kemampuan yang melekat pada diri seorang yang memimpin yang tergantung dari macam-macam faktor, baik faktor intern maupun faktor ekstern.

Adapun pengertian kepemimpinan menurut beberapa ahli adalah sebagai berikut:
1. Menurut Hemhill dan Coons, kepemimpinan adalah perilaku   dari seorang individu yang memimpin aktivitas-aktivitas suatu kelompok ke suatu tujuan yang ingin dicapai bersama (shared goals). 

2. Menurut Tannenbaum, Weschler dan Masarik, kepemimpinan adalah pengaruh antar pribadi yang dijalankan dalam suatu situasi tertentu, serta diarahkan melalui proses komunikasi, ke arah pencapaian satu atau beberapa tujuan tertentu. 

3. Menurut Rauch dan Behling, kepemimpinan adalah suatu proses mempengaruhi aktivitas-aktivitas   sebuah   kelompok   yang    diorganisasi kan ke arah pencapaian tujuan. 

4. Menurut Jacobs dan Jacques, kepemimpinan adalah suatu proses memberi arti atau pengarahan yang berarti terhadap usaha kolektif dan yang mengakibatkan kesediaan untuk melakukan usaha yang diinginkan untuk mencapai sasaran. 

5. Menurut    Siagian, kepemimpinan adalah suatu keterampilan dan kemampuan dari seseorang yang telah menduduki jabatan menjadi pimpinan dalam sebuah pekerjaan dalam mempengaruhi tindakan orang lain, terutama kepada bawahannya agar berfikir dan bertingkah laku sedemikian rupa sehingga melalui tingkah laku positif ini dapat memberikan sumbangan yang nyata didalam pencapaian tujuan organisasi. 

6. Menurut Young, kepemimpinan adalah suatu bentuk dominasi yang disengaja atau disadari oleh kemampuan pribadi yang mampu mendoring atau mengajak kepada orang lain dalam melakukan sesuatu berdasarkan atas penerimaan oleh kelompoknya dan mempunyai keahlian yang khusus secara tepat bagi situasi yang khusus.

7. Menurut Ordway Tead, kepemimpinan adalah suatu kegiatan dalam mempengaruhi orang-orang agar mereka ingin bekerja sama dalam mencapai tujuan yang kita inginkan. 

8. Menurut George R. Terry, kepemimpinan adalah suatu kegiatan untuk mempengaruhi orang-orang agar mereka menyukai untuk berusaha dalam mencapai tujuan-tujuan kelompok atau   organisasi. 

Dari pengertian di atas bisa diketahui bahwa pengertian kepemimpinan mencerminkan asumsi bahwa kepemimpinan menyangkut sebuah proses pengaruh yang disengajai untuk dijalankan oleh seseorang terhadap organisasi atau kelompok. Berbagai pengertian kepemimpinan  yang sudah ditawarkan tapi kelihatannya tidak berisi hal-hal  selain itu. 

Pengertian tersebut berbeda dalam berbagai aspek, termasuk didalamnya siapa yang menggunakan pengaruh, sasaran yang ingin diperoleh dari pengaruh tersebut, cara bagaimana pengaruh tersebut digunakan, serta hasil dari uasaha menggunakan pengaruh tersebut. Perbedaan- perbedaan   tersebut   bukan   hanya   merupakan    sebuah  hal akademis yang dicari-cari. Ia mencerminkan adanya ketidaksesuaian yang mendalam mengenai identifikasi dari para pemimpin serta proses kepemimpinan. Perbedaan- perbedaan didalam pemilihan fenomena untuk melakukan penyelidikan dan kemudian menimbulkan perbedaan- perbedaan dalam mengeinterpretasikan hasilnya.

Referensi:
1. Arep, Ishak dan Hendri Tanjung. 2003. Manajemen Motivasi. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.
2. Kartono, Kartini. 1998. Pemimpin dan Kepemimpinan : Apakah Pemimpinan Abnormal Itu. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
3. Suradinata, Ermaya. 1995. Psikologi Kepegawaian dan Peranan Pimpinan Dalam Motivasi Kerja. Bandung: CV Ramadan.
4. Purwanto. Erwan Agus. 2010. Reformasi Birokrasi, Kepemimpinan  dan Pelayanan Publik. Yogyakarta. Gava Media.
5. Pamudji, S. 1994. Kepemimpinan Pemerintahan di Indonesia. Jakarta: Bumi aksara.
6. Rasyid, Andi P dan Murlinah. 2017. Etika Birokrat. Makasar: Sah Media.

Post a Comment for "Pengertian Pemimpin dan Kepemimpinan Menurut Beberapa Ahli"

View My Stats