Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Administrasi, Seni, dan Ilmu

Pengertian Administrasi, Seni dan Ilmu

Pengertian Administrasi

Administrasi adalah usaha dan kegiatan yang berkenaan dengan penyelenggaraan kebijaksanaan untuk mencapai tujuan.
1. Administrasi dalam arti sempit
Kegiatan yang meliputi: catat-mencatat, surat-menyurat, pembukuan ringan, ketik-mengetik, agenda, dan sebagainya yang bersifat teknis ketatausahaan.
2. Administrasi dalam arti luas
Seluruh proses kerja sama antara dua orang atau lebih dalam mencapai tujuan dengan  memanfaatkan sarana prasarana tertentu secara berdaya guna dan berhasil guna.
3. Definisi Administrasi menurut ahli:
a. Soewarno Handayaningrat, Mengungkapkan bahwa administrasi adalah kegiatan ketatausahaan yang terdiri dari berbagai kegiatan seperti pembukuan baik penghitungan, pencatatan atau yang lainnya dengan tujuan untuk menyediakan informasi yang dibutuhkan. Sedangkan dalam arti yang sempit, menurutnya administrasi merupakan kegiatan catat-mencatat atau pembukuan, surat-menyurat atau lainnya yang berkaitan dengan ketatausahaan.
b. W.H. Evans, Administrasi merupakan fungsi yang berkaitan dengan manajemen dan pengarahan segala tahap operasi perusahaan yang berkenaan dengan pengolahan  keterangan, komunikasi dan juga ingatan organisasi.
c. Ulbert, Menurutnya administrasi ini merupakan istilah lain dari tata usaha dimana sebagian penyusunan dan pencatatan data serta informasi secara sistematis baik  internal atau eksternal dengan tujuan menyediakan keterangan dan memudahkan  dalam memperoleh data baik sebagian maupun secara menyeluruh.
d. George Terry, Mengemukakan bahwa administrasi merupakan sebuah proses perencanaan, pengendalian, pengorganisasian, dan penggerakkan kepada orang-orang yang melaksanakannya untuk mencapai tujuan yang diinginkan.
e. William Leffingwell dan Edwin Robinson, Administrasi merupakan salah satu cabang ilmu manajemen yang mengenai  pelaksanaan pekerjaan kantoran secara efesien, dimana dan kapan pekerjaannya harus dilaksanakan.
f. Arthur Grager, Administrasi merupakan fungsi dari tata penyelenggaraan pada komunikasi dan pelayanan dalam sebuah organisasi.
g. The Liang Gie, Administrasi merupakan serangkaian kegiatan yang dilakukan suatu kelompok berkenaan dengan hubungan kerjasama dalam mencapai tujuan tertentu.
h. Ordway Tead (1953), Administrasi merupakan usaha yang luas yang mencakup semua bidang untuk memimpin. mengusahakan, mengatur kegiatan kerjasama manusia yang dtujukan pada tujuan dan maksud tertentu.
i. Drs. The Liang Gie dan Drs. Sutarto (1977), Administrasi adalah segenap rangkaian kegiatan penataan terhadap pekerjaan yang dilakukan oleh sekelompok orang dan kerja sama dalam untuk mencapai tujuan tertentu.
j. Dr. Sondang P. Siagian MPA (1977), Administrasi adalah semua proses kerja sama antar dua orang atau lebih yang didasaran atas rasionalitas tertentu untuk mencapai tujuan yang telah ditetukan sebelumnya.
k. Prof. Dr. S Prajudi Atmosujio, S.H, Administrasi ialah proses dan tata kerja yang terdapat pada setiap usaha, apakah itu usaha kenegaraan atau swasta, sipil atau militer, usaha besar dan kecil.
l. Dwight Waldo (1971), Administrasi ialah suatu bentuk daya upaya manusia yang kooperatif yang memiliki tingkat rationaliteit yang tinggi.
m. Syamsi, Administrasi adalah semua kegiatan dalam setiap usaha kerjasama yang dilakukan    oleh satu kelompok atau lebih secara bersama dan simultan untuk mencapai tujuan yang sudah ditetapkan.
n. Soepardi, Administrasi adalah kesemua proses kegiatan kerja sama yang dilakukan oleh sekelompok atau lebih dengan bersama-sama dan simultan untuk mencapai tujuan yang sudah ditetapkan.
o. Munarwadi Reksohadiprojo, Administrasi artinya adalah tata usaha ang mencakup setip pengatura yang rapi dan sistematis serta penentuan fakta tertullis dengan tujuan mendapatkan pandangan yang memyeluruh dan hubungan timbal balik antara satu fakta dengan fakta yang lain.
p. Wijana, Administrasi adalah rangkaian semua organ negara, baik itu negara rendah atau tinggi yang bertugas untuk menjalankan pemerintahan pelaksanaan dan kepolisian.
q. Leonard D. White, Administrasi adalah suatu proses yang biasa dlam semua usaha suatu kelompok baik dalam usaha pribadi atau umum.
r. Wiliam H. Newman, Administrasi adalah pembimbing, kepemimpinan dan pengawasan usaha suatu kelompok individu kearah pncapaian tujuan bersama.
s. Drs. Saafroedin Bahar, Administrasi ialah semua kegiatan atau proses penyelengraan dalam setiap usaha kelompok manusia untuk mencapai tujuan tertentu
t. William H. Newman, Administrasi sebagai pedoman/petunjuk, kepemimpinan dan pengawasan dari usaha-usaha sekelompok orang untuk mencapai tujuan bersama.
u. Wilson, Administrasi sebagai ilmu. Pemikiran tentang supremasi kepemimpinan pejabat politik atas birokrasi itu timbul dari perbedaan fungsi antara politik dan administrasi, dan adanya asumsi tentang superioritas fungsi – fungsi politik administrasi. Slogan klasik pernah juga ditawarkan manakala fungsi politik berakhir maka fungsi administrasi itu mulai, when politic end, administration begin
v. Robert D. Calkins, Administrasi   adalah    kombinasi    antara    pengambilan    keputusan    dengan pelaksanaan dari keputuan tersebut untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan
w. H.A. Simon, Administrasi didefinisikan sebagai kegiatan sekelompok orang yang mengadakan kerjasama untuk mencapai tujuan bersama.

Pengertian Seni

Seni adalah segala sesuatu yang diciptakan manusia yang mengandung unsur keindahan dan mampu membangkitkan perasaan orang lain. Istilah seni berasal dari kata sanskerta darikata sani yang diartikan pemujaan, persembahan dan pelayanan yang erat dengan upacara keagamaan yang disebut kesenian. Menurut Padmapusphita dimana seni berasal dari bahasa Belanda genie dalam bahasa latin disebut dengan genius yang artinya kemampuan luar biasa dibawa sejak lahir. Sedangkan menurut Ilmu Eropa bahwa seni berasal dari kata art yang berarti artivisual yaitu suatu media yang melakukan kegiatan tertentu.
Seni menurut para ahli :
1. Aristoteles, adalah bentuk yang pengungkapannya dan penampilannya tidak pernah menyimpang dari kenyataan dan seni itu adalah meniru alam.
2. Sudarmaji, pengertian seni adalah segala manifestasi batin dan pengalaman estetis dengan menggunakan media bidang, garis, warna, tekstur, volume, dan gelap terang.
3. Alexander Baum Garton, arti seni adalah keindahan  dan seni adalah tujuan yang positif menjadikan penikmat merasa dalam kebahagiaan.
4. Ki Hajar Dewantara, adalah hasil keindahan sehingga dapat menggerakkan perasaan indah orang yang melihatnya, oleh karena itu perbuatan manusia yang dapat mempengaruhi dapat menimbulkan perasaan indah itu seni.
5. Immanuel Kant, adalah sebuah impian karena rumus-rumus tidak dapat mengihtiarkan kenyataan.
6. Hilary Bel, arti seni adalah istilah yang digunakan untuk semua karya yang dapat menggugah hati untuk mencari tahu siapa penciptanya.
7. Leo Tolstoy, adalah ungkapan perasaan pencipta yang disampaikan kepada orang lain agar mereka dapat merasakan apa yang dirasakan pelukis.
8. James Murko, adalah penjelasan rasa indah yang terkandung dalam jiwa setiap manusia, dilahirkan dengan perantaraan alat komunikasi ke dalam bentuk yang dapat dianggap oleh indra pendengar (seni suara), penglihatan (seni lukis), atau dilahirkan dengan perantaraan gerak (seni tari, drama).
9. Ira Adriati. M.Sn (Dosen Seni ITB), adalah proses dan produk dari memilih medium, dan suatu peraturan untuk penggunaan medium itu, dan suatu nilai-nilai yang menentukan apa yang pantas dengan ekspresi lewat medium itu, untuk menyampaikan baik kepercayaan, gagasan, sensasi atau perasaan dengan cara seefektif mungkin untuk   medium itu.
10. Eric Ariyanto, adalah kegiatan rohani atau aktivitas batin yang direfleksikan dalam bentuk karya yang dapat membangkitkan perasaan orang lain yang melihat atau mendengarkannya.
11. Drs. Popo Iskandar, adalah hasil ungkapan emosi yang ingin disampaikan kepada orang lain dalam kesadaran hidup bermasyarakat/berkelompok.

Pengertian Ilmu

Ilmu adalah seluruh usaha sadar untuk menyelidiki, menemukan, dan meningkatkan pemahaman manusia dari berbagai segi kenyataan dalam alam manusia. Segi-segi ini dibatasi agar dihasilkan rumusan-rumusan yang pasti. Ilmu memberikan kepastian dengan membatasi lingkup pandangannya, dan kepastian ilmu-ilmu diperoleh dari keterbatasannya. Ilmu adalah seluruh usaha sadar untuk menyelidiki, menemukan dan meningkatkan pemahaman manusia dari berbagai segi kenyataan alam manusia. Sedangkan Pengertian Pengetahuan adalah informasi yang telah diproses dan diorganisasikan untuk memperoleh pemahaman, pembelajaran dan pengalaman yang terakumulasi sehingga bisa diaplikasikan ke dalam masalah/proses bisnis tertentu. Lalu Pengertian Ilmu Pengetahuan Secara umum adalah suatu sistem berbagai pengetahuan yang didapatkan dari hasil pemeriksaan-pemeriksaan yang dilakukan secara teliti dengan menggunakan metode-metode tertentu. Secara etimologi, ilmu berasal dari bahasa arab dari kata ilm yang berarti memahami, mengerti, atau mengetahui.
Definisi ilmu menurut beberapa ahli :
1. Pengertian Ilmu Pengetahuan Menurut Para Ahli di Luar Negeri
a. Asle Montagu, dalam bukunya the cultured man adalah sebagai pengetahuan yang disusun dalam satu sistem yang berasal dari pengalaman, studi dan percobaan yang telah dilakukan dipakai untuk menentukan hakikat  prinsip tentang hak yang sedang dipelajari.
b. V.Afayanev, Pengertian ilmu pengetahuan dalam buknya Marxist Philosophy adalah pengetahuan manusia tentang alam, masyarakat dan pikiran.
c. Ralp Ross dan Ernes Van Den Haag, dalam bukunya yang berjudul The Fabric of Society, bahwa ilmu memiliki kriteria empiris, rasional umum, kumulatif, dan keempatnya serentak terpenuhi.
2. Pengertian Ilmu Pengetahuan Menurut Para Ahli di Indonesia
a. Moh. Hatta, ilmu pengetahuan adalah pengetahuan atau studi yang teratur tentang pekerjaan hukum umum, sebab akibat dalam suatu kelompok masalah yang sifatnya sama baik dilihat dari kedudukannya maupun hubungannya.
b. Dadang Ahmad S, adalah suatu proses pembentukan pengetahuan yang terus menerus hingga dapat menjelaskan fenomena dan keberadaan alam itu sendiri.
c. Mappadjantji Amien, pengertian ilmu pengetahuan adalah sesuatu yang berawal dari pengetahuan, bersumber dari wahyu, hati dan semesta yang memiliki paradigma, objek pengamatan, metode, dan media komunikasi membentuk sains baru dengan tujuan untuk memahami semesta untuk memanfaatkannya dan menemukan diri untuk menggali potensi fitrawi guna mengenal Allah.
d. Syahruddin Kasim, bahwa pengertian ilmu pengetahuan adalah pancaran  hasil metabolisme ragawi sebagai hidayah sang pencipta yang berasal dari proses interaksi fenomena fitrawi melalui dimensi hati, akal, nafsu yang rasional empirik dan hakiki dalam menjelaskan hasanah alam semesta demi untuk menyempurnakan tanggung jawab kekhalifaan.
e. Helmy A. Kotto, bahwasanya ilmu pengetahuan   adalah suatu proses pembentukan pengetahuan yang terus menerus sampai menjelaskan fenomena dan keberadaan alam itu sendiri.
f. Sondang Siagian, ilmu pengetahuan adalah suatu objek, ilmiah yang memiliki sekelompok prinsip, dalil, rumus, yang melalui percobaan yang sistematis dilakukan berulang kali telah teruji kebenarannya, dalil-dalil, prinsip-prinsip dan rumus-rumus mana yang dapat diajarkan dan dipelajari.
g. Soerjono Soekanto, pengetahuan yang tersusun sistematis dengan menggunakan kekuatan pemikiran, pengetahuan dimana selalu dapat diperiksa dan ditelaah (dikontrol) dengan kritis oleh setiap orang lain yang mengetahuinya.
h. Abu Bakar, suatu pendapat atau buah pikiran, yang memenuhi persyaratan dalam ilmu pengetahuan terhadap suatu bidang masalah tertentu.

Post a Comment for "Pengertian Administrasi, Seni, dan Ilmu"